Selain Tilik, Ini 8 Film Pendek Terbaik Lainnya

nonton streaming download film pendek terbaik / cerita rakyat viu shorts

 

 

Film pendek Tilik sedang menjadi perbincangan dan membuat video Tilik sudah ditonton lebih dari 20 juta kali di YouTube. Hal ini membuktikan industri film Indonesia karya anak bangsa tidak kalah dengan film mancanegara. Namun, kamu wajib tahu kalau Viu Originals juga memiliki VIU Shorts! yang berisikan kumpulan film pendek terbaik yang mengangkat tema Urband Legend atau Mitos Indonesia dari 33 kota dan kabupaten di Indonesia. VIU Shorts! disutradarai oleh 33 sineas muda Indonesia.

 

Dari 33 film pendek yang terbagi dalam VIU Shorts! dan VIU Shorts! Season 2, berikut merupakan 8 film pendek terbaik yang diambil dari VIU Shorts! Season 1 & 2. Sebelum menyimak, yuk intip dulu trailer VIU Shorts!

 

 

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=DdgH_UXr1hg[/embedyt]

 

 

Selain Tilik, Tonton 8 Film Pendek Terbaik Lainnya

 

Berikut merupakan 8 film pendek terbaik lainnya, selain film pendek Tilik:

1. Film Pendek Klungkung: Memargi Antar (Mepandes)

 

 

 

Memargi Antar (Mepandes) dalam tradisi masyarakat Bali merupakan upacara potong gigi yang bertujuan untuk menghilangkan sifat-sifat buruk (sad ripu) dalam diri manusia. Sad ripu dapat didefinisikan sebagai enam musuh yang ada dalam diri manusia, yaitu Kama (hawa nafsu), Lobha (kerakusan), Kodha (amarah), Mada (mabuk), Matsarya (iri hati) dan Moha (kebimbangan).

 

Putu, seorang gadis Bali yang kurang mendapat perhatian dari ayahnya yang disibukkan oleh pacar barunya. Putu ingin bertemu dengan ibunya yang sudah meninggal, bahkan dia ingin melanggar ritual wajib Mepandes, upacara memotong atau mengikir gigi yang menjadi simbol kedewasaan dan menyingkirkan Sad ripu.

 

Film Pendek Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) yang disutradarai oleh Ni Putu Mulyani dan dibintangi oleh Ni Luh Putu Mirah Pratiwi ini merupakan Most Watched Film Globally dari VIU Shorts! Season 2. Nonton streaming atau download Viu Shorts Film Pendek Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) sekarang!

 

 

2. Film Pendek Cilacap: Dawuk

 

 

Dawuk merupakan nama dari anak dalam kisah Lengger Dempet yang merupakan salah satu dari sekian banyak cerita rakyat di Cilacap. Konon katanya, dahulu ada seorang penari yang selalu menggendong anaknya kemana pun dia menari. Suatu hari, anaknya jatuh sakit dan meninggal dunia. Sang ayah yang sungguh terpukul lantas membuat boneka kayu dan memahatnya agar mirip dengan wajah anaknya. Boneka tersebut digendong kemana pun dan dibawa saat mengamen dari rumah ke rumah. Anehnya, keadaan ini malah membawa keberuntungan bagi para penari. Kisah ini telah berkembang dan terkenal hingga diikuti oleh beberapa orang.

 

Pak Karta selalu membawa boneka sebagai ganti Dawuk, anaknya yang sudah meninggal, kemanapun dia pergi dan memperlakukannya seperti manusia. Semua orang menganggapnya gila, namun Pak Karta tidak peduli. Dia juga menyalahkan istrinya yang malah membawa Dawuk dukun saat sakit parah, namun istrinya yakin itu adalah santet.

 

Film Pendek Cilacap : Dawuk yang disutradarai oleh Syifa Zein Aulia dan dibintangi oleh Nasruddin Muddaf ini merupakan Best Film dari VIU Shorts! Season 2. Nonton streaming atau download Film Pendek Cilacap: Dawuk sekarang di VIU!

 

 

3. Film Pendek Kendal: Kalang Obong

 

 

 

 

Kalang Obong adalah upacara yang telah dilakukan secara turun temurun oleh suku Kalang di daerah Kendal. Upacara ini bertujuan untuk mengirimkan barang-barang kesukaan dari almarhum dengan cara dibakar agar arwah yang bersangkutan dapat hidup tenang di alamnya yang telah berbeda dari orang-orang yang masih hidup.

 

Sari mengajak pacarnya, Andre, ke rumah keluarganya untuk memperingati seribu hari peringatan kematian ibunya dengan ritual Kalang Obong. Sesampainya di sana, Sari tidak suka dengan sikap Andre yang sibuk membuat vlog, bahkan mempertanyakan ritual itu di dalam vlog-nya. Hal itu membuat Andre sakit dan melarikan diri sebelum melakukan ritual.

 

Film Pendek Kendal: Kalang Obong disutradarai oleh Suryo Seno Bimantoro dan dibintangi oleh Abdurrahman Nurrazak dan Melinda Anathasya Putri. Nonton streaming Viu Shorts Film Pendek Kendal: Kalang Obong sekarang!

 

 

4. Film Pendek Sangatta: Kanak Kembar

 

 

 

 

Mitos Kanak Kembar mengisahkan kepercayaan bagi sebagian masyarakat Sangatta, Kabupaten Kutai Timur yang mengatakan jika seorang anak lahir, dia memiliki kembaran berwujud buaya. Apabila mereka dipertemukan atau bertemu, hal itu akan membawa kebaikan/keberuntungan.

 

Ratih memimpikan seekor buaya yang berubah menjadi dirinya. Ratih bercerita pada ibunya, lalu ibunya segera memberi persembahan ke sungai. Ratih melihat sosok kembarannya lagi dan mengikutinya. Ibunya menemukan Ratih di sungai dan melakukan ritual lagi. Warga dikejutkan dengan seekor buaya yang mati dan hal itu membuat Ratih tidak baik-baik saja.

 

Film Pendek Sangatta: Kanak Kembar disutradarai oleh Angga Rian Sandy dan dibintangi oleh Juliani, Liviana Leony M. dan Ika Tri Hastanti. Nonton streaming Viu Shorts Film Pendek Sangatta: Kanak Kembar sekarang!

 

 

5. Film Pendek Maumere: Miu Mai

 

 

 

 

Mitos Miu Mai menceritakan bahwa orang-orang Krowe dari Maumere, Sikka, percaya bahwa manusia yang hidup masih terhubung dengan roh kerabat mereka yang mati. Salah satu praktik keagamaan adalah memberikan makanan atau persembahan dalam ritual yang disebut Tung Piong. Tung Piong dibuat untuk menghormati leluhur, biasanya dilakukan sebelum liburan besar atau acara keluarga. Jika seseorang lupa melakukan Tung Piong, ini akan membuat marah para leluhur dengan menunjukkan tanda-tanda aneh dan kadang-ladnag mengancam kehidupan.

 

Menjelang Natal, pasangan suami istri yang telah lama merantau dari Maumere tiba di tanah kelahirannya. Suami sangat antusias menceritakan masa kecilnya pada sang istri. Namun, ada hal aneh yang dirasakan oleh sang istri. Dia bisa menirukan suara dan nyanyian neneknya sang suami. Sesampainya di rumah, kejadian aneh terus berganti hingga setelah pohon natal terbakar, sang istri meminta suaminya untuk membersihkan kuburan di depan rumahnya.

 

Film Pendek Maumere: Miu Mai yang disutradarai oleh Eka Putra Nggalu dan dibintangi oleh Obeth Papa Celtie dan Kartika Solapung ini berhasil masuk kategori Best Short Form Content dalam Asian Academy Creative Award yang digelar di Singapura pada tahun 2019. Nonton streaming atau download Film Pendek Maumere : Miu Mai sekarang hanya di VIU.

 

 

6. Film Pendek Siak: Kue Khasidah

 

 

 

 

Kue Khasidah merupakan kue istimewa di Siak Indrapura yang dibuat bila seseorang hendak menikah. Kue Khasidah diharapkan untuk dibuat sekali saja dalam hidup seseorang. Kue ini unik, mengingat kue manis ini dihidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Dipercaya bahwa kue ini bermakna penangkal hawa nafsu dan pentunjuk bagi laku kehidupan.

 

Nur adalah seorang pembuat kue. Suatu hari ada tetangganya bernama Syarifah datang untuk memesan kue Khasidah kepada Nur. Kue Khasidah ini biasanya hanya ada di acara penikahan. Saat bertemu Nur, Syarifah tidak sengaja bertemu Anuar yang tidak lain adalah suami Nur yang bekerja sebagai tukang. Syarifah minta kepada Anuar, untuk memperbaiki gentengnya yang bocor. Tapi tidak disangka hal itu malah menyebabkan fitnah oleh para tetangga.

 

 

Film Pendek Siak: Kue Khasidah yang disutradarai oleh Nur Azizah, Rezki Kibo, Amat Jimbe dan dibintangi oleh Yudi Brk, Nina Rojam, Sy Rehatul Asy ini merupakan Best Film dari VIU Shorts! Nonton streaming atau download Mitos Siak : Kue Khasidah sekarang hanya di VIU.

 

 

7. Film Pendek Cilegon: Kelangkahan

 

 

 

 

Kelangkahan identik dengan kucing, hewan yang memiliki sembilan nyawa. Di antara semua kucing, kucing berbulu hitam adalah kucing yang paling sakti. Di bagian barat Pulau Jawa, bahkan dipercaya bahwa kucing bisa membangkitkan orang mati. Itu akan terjadi bila jenazah orang tersebut, kelangkahan oleh kucing.

 

Ani, seorang anak yang sedang menjaga jenazah ibunya karena ditinggal Mamangnya yang sedang mengurus administrasi pemakaman, berusaha mencari seekor kucing. Alasannya mencari kucing tersebut dikarenakan mitos yang dipercaya langkah kucing dapat membuat jenazah kembali bangkit. Usahanya tidak berhasil, hingga saat Ani sedang sholat, seekor kucing hitam melangkahi ibunya.

 

Film Pendek Cilegon: Kelangkahan yang disutradarai oleh Dilfiandi dan dibintangi oleh Uyat Novayanto, RR. Putri Alya, R.A. Dwi Woro Anggraeni Kusumo Pertiwi ini produksinya dipimpin oleh Merina Wahyuni Aprilia yang mendapat Beasiswa VIU Shorts! untuk belajar sinematografi di IKJ selama 4 tahun. Nonton streaming atau download Film Pendek Cilegon: Kelangkahan sekarang hanya di VIU.

 

8. Film Pendek Batam : Mutiara Saka

 

 

 

 

Mutiara Saka berlatar tempat di sepanjang pantai Kepulauan Rian, di mana suku laut mulai hidup secara permanen di satu tempat saat ini, termasuk di Batam. Sebelum itu, mereka tinggal di laut. Seperti suku asli lainnya, ada juga mitos yang mengikuti suku laut. Salah satu mitos terkenal adalah mereka dapat menyembuhkan penyakit apa pun dengan air yang disuntikkan mutiara.

 

Suatu hari, Joko membeli beberapa ikan dari Anak Laut, dan istrinya yang bernama Fatma tidak menyukainya karena alasan pribadi. Namun pada suatu ketika, Fatma pingsan dan Anak Laut membantunya dengan mutiara miliknya untuk menyelamatkan Fatma.

 

Mitos Batam : Mutiara Saka disutradarai oleh Jonathan Steven Siahaan dan dibintangi oleh Bisma Nanda Heryuda, Gendhy Dwi Harlyan, dan Dessy Mandasari. Nonton streaming atau download Mitos Batam : Mutiara Saka sekarang hanya di VIU.

 

Masih penasaran dengan 25 film pendek terbaik lainnya dalam VIU Shorts! Season 1 & 2? Intip dulu trailer VIU Shorts! Season 2 sebelum menonton film pendek lainnya!

 

 

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=dpxb6ofa3xw[/embedyt]

 

 

Nonton VIU Shorts! Season 2, Film Pendek Indonesia dalam Platform Global

 

VIU Shorts! Season 2 tayang di Viu mulai tanggal 23 Juli 2020. Jangan lewatkan seri sebelumnya, VIU Shorts!, yang merupakan inisiatif VIU Indonesia sebagai wujud kepedulian untuk memajukan perfilman Indonesia dan membantu sineas-sineas muda menyalurkan bakatnya bersama VIU. Jangan lewatkan nonton streaming VIU Shorts! Season 2 hanya di Viu!

 

VIU Shorts mengangkat konten lokal yakni kekayaan cerita rakyat Indonesia dalam kancah global. Artinya, film-film pendek sineas-sineas muda ini ditayangkan dalam platform VIU, sehingga tak hanya dapat disaksikan di negara Indonesia saja, tetapi platform VIU negara-negara lainnya, seperti India, Malaysia, Singapura, Thailand, Afrika Selatan dan Timur Tengah (Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Arab Saudi).

 

Karena itu, pastikan kamu nonton streaming film pendek VIU Shorts hanya di VIU untuk mendukung film Indonesia. Pastikan kamu sudah download aplikasi VIU di smartphone kamu, agar bisa nonton dari mana saja dan kapan saja, serta menyimpan video dengan mudah dan menontonnya di detik terakhir yang kamu tonton.

 

 

Yuk nonton Viu Shorts! Season 2 di bawah ini sekarang!

 

Nonton Sekarang

By |2020-09-08T15:53:33+07:00September 6th, 2020|News|0 Comments

About the Author:

Providing the best and latest Asian content on your screen! Don't miss the best and latest Korean, Chinese, Thailand, Japanese, and of course Indonesian movies and dramas on Viu!

Leave A Comment