16 Cerita Rakyat dari Mitos Indonesia

viu shorts season 2

 

 

Di Indonesia setiap daerah memiliki cerita rakyat masing-masing yang dilestarikan penduduk setempat dan diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi. Cerita rakyat tersebut berasal dari mitos, cerita mengenai asal-usul suatu kejadian, tempat maupun kepercayaan di daerah mereka dan diungkapkan dengan cara yang gaib atau misterius. Kekayaan cerita rakyat di negeri ini berarti Indonesia juga kaya akan mitos Indonesia.

 

Setelah sukses memfilmkan 17 cerita rakyat di Indonesia melalui VIU Shorts!, kali ini VIU Shorts! Season 2 hadir dengan membawa 16 cerita rakyat dari mitos Indonesia. VIU Shorts! Season 1 & 2 merupakan Viu Originals yang berisikan kumpulan film pendek karya sineas muda dari 33 kota dan kabupaten di Indonesia yang mengambil tema Mitos Lokal Indonesia.

 

Sebelum menyimak 16 cerita rakyat dari mitos Indonesia, yuk simak trailer VIU Shorts! Season 2 di bawah ini!

 

 

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=S_a_Lb7idAo[/embedyt]

 

 

16 Cerita Rakyat dari Mitos Indonesia

 

Berikut merupakan 16 cerita rakyat dari mitos Indonesia yang ada di VIU Shorts! Season 2:

 

 

1. Cerita Rakyat Atambua: Kakuluk Fulan Fehan

 

 

 

 

Mitos Kakaluk Fulan Fehan mengisahkan dahulu kala saat bumi masih dipenuhi air laut, ada seorang raja bernama Raja Mau Si’at. Dia memiliki seorang putri yang sangat cantik. Kecantikannya membuat bulan pun jatuh hati kepadanya dan menjelma menjadi manusia bernama Fula Mauk. Suatu ketika, sang putri itu pun hamil dan diasingkan di sebuah daratan bersama seorang dayang. Setiap bulan purnama, mereka bertemu di daratan tersebut yang bernama Fulan Fehan. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Atambua: Kakaluk Fuhan Fehan sekarang!

 

 

2. Cerita Rakyat Batu: G-Rain

 

 

 

 

G-Rain menceritakan tentang masyarakat yang memiliki serangkaian acara dan ritual untuk mendatangkan bahkan memindahkan hujan. Hujan di Kota Batu tidak dapat diprediksi karena adanya kepentingan dua kelompok masyarakat. Kelompok pertama membutuhkan hujan untuk bercocok tanam sayur-sayuran, sedangkan kelompok kedua yaitu para pemilik usaha wisata yang menginginkan cuaca panas agar mendapatkan banyak pengunjung. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Batu: G-Rain sekarang!

3. Cerita Rakyat Cilacap: Dawuk

 

 

 

 

 

Dawuk merupakan nama dari anak dalam kisah Lengger Dempet yang merupakan salah satu dari sekian banyak cerita rakyat di Cilacap. Konon katanya, dahulu ada seorang penari yang selalu menggendong anaknya kemana pun dia menari. Suatu hari, anaknya jatuh sakit dan meninggal dunia. Sang ayah yang sungguh terpukul lantas membuat boneka kayu dan memahatnya agar mirip dengan wajah anaknya.

 

Boneka tersebut digendong kemana pun dan dibawa saat mengamen dari rumah ke rumah. Anehnya, keadaan ini malah membawa keberuntungan bagi para penari. Kisah ini telah berkembang dan terkenal hingga diikuti oleh beberapa orang. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Cilacap: Dawuk sekarang!

 

 

4. Cerita Rakyat Dairi: Lae Pandaroh

 

 

 

 

Istilah Lae Pandaroh berasal dari dua kata, yaitu Lae yang berarti air dan Daroh yang berarti darah. Dipercaya bahwa air terjun Lae Pandaroh berwarna merah. Para sesepuh mengatakan ‘pamalih’ untuk bermain-main di Kawasan Lae Pandaroh.

 

Jika kita berada di kawasan tersebut, kita harus bersikap sopan, menjaga tata krama, perkataan maupun pakaian agar tidak mendapat celaka. Kain Ulos yang ditenun secara tradisional dipercaya dapat menghindari bahaya atau bencana bagi si pemakainya. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Dairi: Lae Pandaroh sekarang!

 

 

5. Cerita Rakyat Jakarta Selatan: Bulu Mata

 

 

 

Mitos Bulu Mata adalah sebuah kepercayaan di mana ketika bulu mata kita rontok dan kita gunakan untuk mengetahui apakah seseorang menyukai kita atau bahkan merupakan jodoh kita dengan cara menepuk-nepuknya dengan kedua belah tangan sambil menghitung secara alfabetis. Jika bulu mata itu menempel di telapak kita pada huruf alfabet tertentu, kemungkinan itu adalah inisial dari pasangan kita. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Jakarta Selatan: Bulu Mata sekarang!

 

 

6. Cerita Rakyat Kendal: Kalang Obong

 

 

 

 

Kalang Obong adalah upacara yang telah dilakukan secara turun temurun oleh suku Kalang di daerah Kendal. Upacara ini bertujuan untuk mengirimkan barang-barang kesukaan dari almarhum dengan cara dibakar agar arwah yang bersangkutan dapat hidup tenang di alamnya yang telah berbeda dari orang-orang yang masih hidup. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Kendal: Kalang Obong sekarang!

 

 

7. Cerita Rakyat Klungkung: Memargi Antar (Mepandes)

 

 

mitos klungkung mepandes viu shorts season 2

 

 

Memargi Antar (Mepandes) dalam tradisi masyarakat Bali merupakan upacara potong gigi yang bertujuan untuk menghilangkan sifat-sifat buruk (sad ripu) dalam diri manusia. Sad ripu dapat didefinisikan sebagai enam musuh yang ada dalam diri manusia, yaitu Kama (hawa nafsu), Lobha (kerakusan), Kodha (amarah), Mada (bermabuk-mabukan), Matsarya (iri hati) dan Moha (kebimbangan). Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) sekarang!

 

 

8. Cerita Rakyat Kulon Progo: Kelar Kelor

 

mitos kelar kelor kulon progo viu shorts season 2

 

 

Mitos Kelar Kelor mengisahkan kepercayaan tentang pohon kelor yang merupakan salah satu tanaman berkhasiat dan memiliki banyak manfaat. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, daun kelor dipercaya dapat menangkal roh jahat, menyembuhkan kerasukan dan melunturkan susuk atau guna-guna. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Kulon Progo: Kelar Kelor sekarang!

 

 

9. Cerita Rakyat Majalengka: Penari Larangan

 

 

mitos majalengka penari larangan viu shorts season 2

 

 

Mitos Penari Larangan mengisahkan pada zaman dahulu kala, ada sepasang suami istri di, di mana istrinya yang seorang sinden sangat sibuk dengan jadwal pentasnya yang padat sehingga rumah tangganya terbengkalai. Larangan si suami tidak digubris sehingga membuat suaminya mengutuk dan membuat istrinya mendapatkan malapetaka.

 

Di Desa Sukaraja, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, kutukan tersebut masih dipercaya sampai sekarang. Jika ada perempuan desa yang menari di panggung, maka tiba-tiba akan ada hujan dan angin kencang, seakan-akan merupakan larangan bagi perempuan desa untuk menari. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Penari Larangan sekarang! Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Majalengka: Penari Larangan sekarang!

 

 

10. Cerita Rakyat Magelang: Ikan Merah

 

 

mitos ikan merah magelang viu shorts season 2

 

 

Mitos Ikan Merah mengisahkan seekor ikan merah yang dipercayai orang-orang di sebuah pesantren di Kabupaten Magelang. Dipercaya bahwa ikan merah ini akan menampakkan dirinya kepada santri yang secara keilmuannya telah mendapatkan restu dari Abah yang merupakan pendiri pesantren tersebut. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Magelang: Ikan Merah sekarang!

 

 

11. Cerita Rakyat Mataram: Melaiq

 

 

mitos mataram melaiq viu shorts season 2

 

 

Melaiq adalah sebuah tradisi dalam budaya Sasak, Mataram yang mana calon pengantin laki-laki akan menculik calon istrinya pada malam hari, ini merupakan cara menguji keseriusan dan keberanian laki-laki dalam membangun rumah tangga. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Mataram: Melaiq sekarang!

 

 

12. Cerita Rakyat Palu: La Love

 

 

mitos palu lalove viu shorts season 2

 

 

La Love adalah alat musik tiup tradisonal yang terbuat dari bambu bambu dan berasal dari Suku Kaili di Sulawesi Tengah. Pada mulanya, La Love ini tidak sembarang ditiup, alat musik ini digunakan sebagai alat pengiring dalam kegiatan besar dan ritual yang biasanya disebut Ritual Balia. Seiring berjalannya waktu, La Love kini banyak dimainkan di beberapa acara besar. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Palu: La Love sekarang!

 

 

13. Cerita Rakyat Salatiga: Pohon Pengantin

 

 

mitos pohon pengantin salatiga viu shorts season 2

 

 

Mitos Pohon Pengantin menceritakan sebuah pohon unik yang berbentuk seperti bonsai rasaksa di daerah Salatiga. Pohon itu dikenal dengan sebutan Pohon Pengantin. Dipercaya bahwa pohon tersebut merupakan jelmaan dari sepasang pengantin karena cinta abadi mereka. Mitos yang dipercaya adalah pasangan yang datang ke pohon tersebut akan memiliki hubungan yang langgeng. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Salatiga: Pohon Pengantin sekarang!

 

 

14. Cerita Rakyat Sangatta: Kanak Kembar

mitos kanak kembar sangatta viu shorts season 2

 

 

Mitos Kanak Kembar mengisahkan kepercayaan bagi sebagian masyarakat Sangatta, Kabupaten Kutai Timur yang mengatakan jika seorang anak lahir, dia memiliki kembaran berwujud buaya. Apabila mereka dipertemukan/bertemu, hal itu akan membawa keberuntungan. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Sangatta: Kanak Kembar sekarang!

 

 

15. Cerita Rakyat Surakarta: Lima Wasto

 

 

 

 

Mitos Lima Wasto merupakan prinsip yang dipakemi oleh masyarakat Jawa yang berisikan lima hal yang membuat hidup seorang pria sempurna. Kelima hal tersebut adalah Wisma (rumah), Curigo (keris/senjata andalan), Kukila (burung), Turangga (kuda/kendaraan), Gangsa (Gamelan) dan Garwa (istri/pendamping hidup).

 

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, seorang pria yang telah dewasa tidak akan dianggap dewasa jika tidak memiliki burung perkutut sebagai hewan peliharaannya. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Surakarta: Lima Wasto sekarang!

 

 

16. Cerita Rakyat Tangerang: Danau Pengantin

 

 

 

 

Danau Pengantin merupakan nama sebuah danau di Kota Tangerang. Konon, dahulu pernah ada sepasang pengantin baru yang tewas di danau tersebut. Mereka ditemukan di dasar danau dalam keadaan berpelukan. Semenjak itu, danau tersebut menjadi angker dan selalu memakan korban jiwa. Menurut warga setempat, di danau tersebut sering terlihat sosok wanita mengenakan busana pengantin sampai saat ini. Yuk langsung nonton streaming Viu Shorts Cerita Rakyat Tangerang: Danau Pengantin sekarang!

 

 

Nonton VIU Shorts Season 2, Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia dalam Platform Global

 

VIU Shorts Season 2 tayang di Viu mulai tanggal 23 Juli 2020. Jangan lewatkan seri sebelumnya, VIU Shorts, yang merupakan inisiatif VIU Indonesia sebagai wujud kepedulian untuk memajukan perfilman Indonesia dan membantu sineas-sineas muda menyalurkan bakatnya bersama VIU. Jangan lewatkan nonton streaming VIU Shorts Season 2 hanya di Viu!

 

VIU Shorts mengangkat konten lokal yakni kekayaan cerita rakyat Indonesia dalam kancah global. Artinya, film-film pendek sineas-sineas muda ini ditayangkan dalam platform VIU, tak hanya di negara Indonesia saja, tetapi platform VIU negara-negara lainnya, seperti India, Malaysia, Singapura, Thailand, Afrika Selatan dan Timur Tengah (Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Arab Saudi).

 

Karena itu, pastikan kamu nonton streaming film pendek VIU Shorts hanya di VIU untuk mendukung film Indonesia. Pastikan kamu sudah download aplikasi VIU di smartphone kamu, agar bisa nonton dari mana saja dan kapan saja, serta menyimpan video dengan mudah dan menontonnya di detik terakhir yang kamu tonton.

 

 

Yuk nonton Viu Shorts di bawah ini sekarang!

 

Nonton Sekarang

By |2020-09-11T11:32:57+07:00September 4th, 2020|News|0 Comments

About the Author:

Providing the best and latest Asian content on your screen! Don't miss the best and latest Korean, Chinese, Thailand, Japanese, and of course Indonesian movies and dramas on Viu!

Leave A Comment