‘Sunny’ Diadaptasi Menjadi Film Indonesia ‘Bebas’

Pada tanggal 3 Oktober 2019 lalu, film ‘Bebas’ resmi tayang di bioskop-bioskop tanah air. Film Indonesia garapan Riri Riza dan Mira Lesmana ini diadaptasi dari film Korea berjudul Sunny yang rilis pada tahun 2011. Sunny sendiri disutradarai oleh Kang Hyeong-cheol dan dirilis oleh CJ Entertainment. Indonesia menjadi negara keempat yang mengadaptasi Sunny setelah Jepang, Vietnam, dan Amerika.

Sinopsis Film Korea Sunny yang Diadaptasi Film Bebas

 

Sunny menceritakan seorang perempuan paruh baya bernama Im Nami (Shim Eun-kyung) yang bertemu kembali dengan Ha Chun-hwa (Jin Hee-kyung) sahabatnya semasa SMA. Chun-hwa menjadi pengusaha yang sukses, tetapi menderita kanker stadium akhir. Dokter memperkirakan Chun-hwa hanya bisa bertahan paling lama dua bulan. Chun-hwa kemudian memberitahu Nami bahwa dia ingin melihat Sunny, geng mereka semasa SMA, bersatu kembali sekali sebelum dia meninggal. Film ini memiliki alur maju-mundur: tahun 1980-an ketika mereka masih SMA dan tahun 2011 saat mereka sudah menikah dan punya anak.

 

Saat flash back,diceritakan Im Nami (diperankan Shim Eun-kyung) merupakan murid pindahan dari desa. Siswa lain mengolok-olok aksen daerah Nami yang kental. Ia juga malu dengan sepatu dan pakaiannya yang tidak mengikuti tren di Seoul. Meskipun begitu, Nami dengan cepat menjalin pertemanan dengan Ha Chun-hwa (Kang So-ra), yang kemudian memperkenalkan Na-mi ke teman-temannya. Kim Jang-mi (Kim Min-young) adalah seorang gadis gemuk yang terobsesi dengan penampilannya, dan ingin melakukan operasi pembuatan kelopak mata. Hwang Jin-hee (Park Jin-joo), yang meskipun putri seorang profesor sastra Korea, tapi hobi sumpah-serapah dan bicara kasar. Seo Geum-ok (Nam Bo-ra) adalah siswa yang cerdas yang ingin menjadi penulis; dia akan memukul siapa pun yang macam-macam dengan teman-temannya. Ryu Bok-hee (Kim Bo-mi) memiliki impian menjadi Miss Korea dan selalu membawa cermin ke mana-mana. Jung Su-ji (Min Hyo-rin) adalah seorang gadis yang tenang dan misterius; dan tampaknya tidak menyukai Nami. Nami akhirnya diterima sebagai anggota ketujuh geng mereka, setelah dia secara tak terduga berpura-pura kerasukan dan menakuti geng lawan dari SMA lain. Mereka juga menamai geng mereka “Sunny”.

 

Persahabatan manis semasa SMA ini berbanding terbalik dengan kehidupan dewasa anggota Sunny. Setiap anggota mengalami rintangan hidup yang berbeda-beda. Chun-hwa juga meninggal sebelum semua anggota geng berhasil berkumpul, tetapi dengan menemukan satu sama lain, setiap anggota menghidupkan kembali gairah mereka untuk hidup dan menikmati kebersamaan satu sama lain.

 

Penasaran dengan film aslinya, Sunny? Nonton film online ‘Sunny’ hanya di VIU.

By |2020-03-17T17:08:02+07:00October 9th, 2019|News|0 Comments

About the Author:

Providing the best and latest Asian content on your screen! Don't miss the best and latest Korean, Chinese, Thailand, Japanese, and of course Indonesian movies and dramas on Viu!