Dr. Romantic 2 Menggunakan Kasus Medis dari Kehidupan Nyata

Salah satu alasan mengapa Dr. Romantic 2 (Romantic Doctor, Teacher Kim season 2) menarik bagi pemirsa adalah karena detailnya yang realistis dan relatable. Bahkan baru-baru ini Dr. Romantic 2 melampaui angka 20 persen dalam peringkat pemirsa dan mendapat peringkat sebagai drama yang paling banyak ditonton untuk jam tayang di semua saluran publik dan kabel.

 

Fokus Dr. Romantic 2 adalah mengembangkan cerita dari kasus-kasus pasien trauma yang dipindahkan ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Dol Dam. Khususnya adalah kasus-kasus bedah, termasuk pengobatan darurat, operasi, kardio, dan bedah ortopedi yang ditayangkan merupakan kasus-kasus pasien trauma serius yang tidak biasanya ditayangkan dalam drama medis lainnya, seperti luka tembak, luka tusuk, beberapa patah tulang, atau luka akibat kecelakaan lalu lintas yang tidak dapat dirawat di ruang gawat darurat biasa.

Ini Kasus-kasus Medis Nyata yang Menginspirasi Dr. Romantic 2

 

Berikut adalah beberapa kasus medis diambil dari kehidupan nyata yang membuat drama Korea terbaru ini seperti kenyataan:

1. Koma Karena Kejadian di Luar Dugaan

 

Dalam salah satu episode Dr. Romantic 2, seorang paramedis jatuh koma setelah menderita kejadian yang di luar dugaan. Dia terkena busur di kepalanya ketika menyelamatkan seorang pemabuk di jalan. Pemeriksaan CT scan otak mengungkapkan bahwa tidak ada keterkaitan antara dampak yang terjadi di kepala dengan kejadian, tetapi otaknya dinyatakan mati karena tidak ada oksigen dan tanda vital di batang otak. Adegan ini dibuat berdasarkan kisah nyata paramedis yang meninggal karena pendarahan otak setelah diserang oleh seorang pemabuk.

2. Penyakit Ginjal Stadium Akhir

 

Dalam episode yang sama dengan paramedis yang mengalami koma, ada kasus seorang pasien berusia dua puluhan yang terkena hukuman seumur hidup penjara setelah melakukan dua kali pembunuhan. Narapidana muda ini menderita penyakit ginjal stadium akhir dan harus melakukan cuci darah. Saat selang mesin pencuci darah dimasukkan di leher untuk cuci darah, peradangan dari tato di seluruh tubuhnya menjadi lebih parah, mencapai titik di mana mesin pencuci darah tidak dapat dimasukkan. Pasien yang tidak dapat menerima cuci darah selama lebih dari tiga hari itu akhirnya dapat menjalani kehidupan baru ketika ia menerima ginjal dari paramedis.

 

3. Luka Tembak di Hati

 

Seorang detektif muncul di RS Dol Dam dengan luka tembak di hati. Peluru itu masih tertanam di tubuhnya, dan dia bahkan mengalami serangan jantung. Karena pasien yang tertembak menderita kerusakan besar pada hatinya, operasi diselesaikan melalui proses segmentektomi (pengangkatan sebagian kecil organ) begitu peluru dikeluarkan.

 

 

 

4. Perikardiosentesis

 

Seorang pemimpin geng yang tertusuk di dada dibawa ke ruang gawat darurat dengan kasus tamponade jantung, di mana terjadi pengetatan antara darah, cairan, dan udara dengan dinding panjang dan luar yang mengelilingi jantung. Kim Sa Bu (diperankan Han Suk Kyu) harus mengoperasi pasien lain, jadi dia memerintahkan Cha Eun Jae (diperankan Lee Sung Kyung) untuk melakukan perikardiosentesis dengan menggunakan jarum dan kateter untuk mengeluarkan cairan dari kantung di sekitar jantung pemimpin geng itu.

 

5. Perforasi dan hemolisis rongga usus

 

Dalam episode Dr. Romantic 2 lainnya, seorang pria menghirup narkoba dan berusaha bunuh diri. Setelah melompat dari lantai lima, dia mengeluh sakit perut yang parah. Di ruang hybrid, pasien didiagnosis dengan aliran darah yang tidak berdenyut dan harus menjalani operasi karena perfusi usus (lubang atau luka pada dinding usus) dan hemoperitoneum (pendarahan di rongga perut). Seo Woo Jin (diperankan Ahn Hyo Seop) menghentikan pembuluh yang berdarah sampai Kim Sa Bu tiba, dan Kim Sa Bu, yang mempelajari usus dan menemukan daerah yang rusak, meminta Seo Woo Jin untuk menyelesaikan operasi dengan membuang bagian yang rusak dan melakukan anastomosis (menghubungkan dua organ yang sebelumnya tidak menyatu).

 

Kru Samhwa Networks yang memproduksi drama Dr. Romantic 2 berkata, “Dalam Dr. Romantic 2, berbagai pasien trauma muncul di ruang gawat darurat Rumah Sakit Dol Dam. Kami ingin menyampaikan makna dan pentingnya trauma kepada pemirsa melalui berbagai kasus. Silakan tunggu apa yang akan dibawa pasien trauma lain ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Dol Dam”.

 

“Dr. Romantic 2 tayang setiap hari Senin dan Selasa pada jam 9:40 malam KST.

Saksikan episode terbaru di bawah ini!

 

Nonton Streaming atau Download Dr. Romantic 2 Sub Indo di Viu

 

Jangan lewatkan serunya Dr. Romantic 2 yang tayang setiap hari Selasa dan Rabu lengkap dengan subtitle Indonesia. Pastikan kamu nonton streaming atau download Dr. Romantic 2 sub Indo di hanya Viu.

 

Jangan lupa untuk nonton streaming dan download video eksklusif dan terbaru tanpa jeda iklan dengan mengaktifkan Viu Premium kamu.

 

Pastikan juga kamu sudah download Viu di smartphone agar bisa nonton koleksi drakorindo terlengkap, variety show Korea, dan nonton film online dari mana saja, kapan saja.

 

 

Yuk nonton Dr. Romantic 2 sub Indo di bawah ini sekarang!

 

Nonton Sekarang
By |2020-02-13T17:59:41+07:00February 13th, 2020|News|0 Comments

Leave A Comment