VIU Shorts : Kumpulan Film Pendek Mitos Indonesia

VIU Shorts kembali lagi! Kali ini, VIU Shorts yang merupakan kumpulan film-film pendek karya sineas muda dari 17 kota Indonesia mengambil tema Urban Legend atau Mitos Indonesia.

 

Seperti yang kita ketahui, setiap daerah di Indonesia memiliki cerita daerah atau mitos-mitos yang dipercayai oleh penduduk setempat pernah terjadi.

 

Kisah-kisah bertema urban legend yang diinterpretasikan oleh sineas-sineas muda dari 17 kota Indonesia dalam film pendek ini sungguh menarik untuk ditonton. Bukan hanya dari cara storytelling-nya saja, tetapi juga dapat menambah wawasan kita terhadap kekayaan folklore Indonesia. Viu Shorts juga pas sekali ditonton dalam perjalanan kamu pulang kampung di musim Lebaran kali ini. Karena bisa jadi, kamu belum tahu tentang mitos dari daerah kamu berasal.

 

 

1. Mitos Purbalingga : Nyawur

 

Seorang nenek yang masih sangat mempercayai mitos-mitos zaman dahulu, yaitu menghentikan hujan dengan cara menaburkan garam atau bumbu-bumbu dapur sambil mengucapkan mantra. Dalam cerita ini, Nenek berusaha keras menghalangi cucunya yang hendak berangkat sekolah. Karena cuaca di luar terlihat sangat mendung dan akan turun hujan. Nenek menjadi amat khawatir. Nenek takut cucunya kehujanan di perjalanan. Akhirnya Nenek pun mulai melakukan ritual menabur garam untuk menghentikan hujan. Namun, hasilnya nihil. Walau sampai semua bumbu dapur ia tabur, alam tetap tidak bersahabat dengan Nenek.

 

Mitos Purbalingga : Nyawur disutradarai Dian Pusparini dan dibintangi oleh Ammar Putra Nayotama dan Suharyati. Nonton streaming atau download Mitos Purbalingga : Nyawur sekarang hanya di VIU.

 

2. Mitos Cilegon Kelangkahan

 

Ani, seorang anak yang sedang menjaga jenazah ibunya, berusaha mencari seekor kucing. Alasannya mencari kucing tersebut dikarenakan mitos yang dipercaya langkah kucing dapat membuat jenazah kembali bangkit.

Mitos Cilegon : Kelangkahan disutradarai oleh Dilfiandi dan dibintangi oleh Uyat Novayanto, RR. Putri Alya, R.A. Dwi Woro Anggraeni Kusumo Pertiwi. Nonton streaming atau download Mitos Cilegon : Kelangkahan sekarang hanya di VIU.

 

3. Mitos Bojonegoro : Abu Ajaib

 

Sutedjo, 11 tahun. Kakeknya memberi tahu Tedjo mengenai abu Angling Dharmo dan Setyowati dan Sutedjo sangat penasaran akan abu tersebut. Sutedjo berusaha untuk mencari tahu mengenai kebenaran abu tersebut, dan dia menemukan gundukan abu di pojokan sawah yang ia kira adalah Abu Setyowati. Sutedjo pun bilang kepada semua orang tentang apa yang ia temukan, dan membuat semua orang ingin memiliki abu tersebut. Tetapi, pemilik sawah tersebut membeberkan tentang kebenaran abu yang Tedjo temukan.

Mitos Bojonegoro : Abu Ajaib disutradarai oleh M. Mahmud Zain dan dibintangi oleh Padji Maysia Dinar, Sujarto, Daniel Irsya Dulibat, Raffa Dhazni Ramadani Mardika. Nonton streaming atau download Mitos Bojonegoro : Abu Ajaib sekarang hanya di VIU.

 

4. Mitos Siak : Kue Khasidah

 

Nur adalah seorang pembuat kue. Suatu hari ada tetangganya bernama Syarifah datang untuk memesan kue Khasidah kepada Nur. Kue Khasidah ini biasanya hanya ada di acara penikahan. Saat bertemu Nur, Syarifah tidak sengaja bertemu Anuar yang tidak lain adalah suami Nur yang bekerja sebagai tukang. Syarifah minta kepada Anuar, untuk memperbaiki gentengnya yang bocor. Tapi tidak disangka hal itu malah menyebabkan fitnah oleh para tetangga.

Mitos Siak : Kue Khasidah disutradarai oleh Nur Azizah, Rezki Kibo, Amat Jimbe dan dibintangi oleh Yudi Brk, Nina Rojam, Sy Rehatul Asy. Nonton streaming atau download Mitos Siak : Kue Khasidah sekarang hanya di VIU.

5. Mitos Kupang : Tiga Batu

 

Saat liburan kampus, seorang pemuda bernama Minggus pulang ke rumahnya di desa. Sembari menunggu datangnya bus lokal, Minggus teringat akan mantan pacarnya Elis dan mendapati seorang wanita yang mirip Elis seadng berdiri menunggu bus. Tetapi di saat busnya datang, Minggus belum sempat menyelesaikan masalah perutnya di toilet. Karena takut ketinggalan bus, Minggus mencoba meminta waktu kepada kondektur bus namun tidak diberikan waktu untuk ke toilet. Lalu Minggus, disarankan oleh seorang ibu penumpang bus untuk mengambil batu sebanyak tiga butir untuk dipegang. Tanpa dipikir panjang Minggus lalu melakukannya. Dan ternyata bus yang ditumpangi Minggus sama dengan bus yang ditumpangi Elis.

 

Mitos Kupang : Tiga Batu disutradarai oleh Emilianus U.K. Patar dan dibintangi oleh Putra Anakay, Adhy Otanu, M. Reza Fahryansyah, Anggi Prischilla, Mama Imel dan Shara Da Costa. Nonton streaming atau download Mitos Kupang : Tiga Batu sekarang hanya di VIU.

 

6. Mitos Maumere : Miu Mai

 

Orang-orang Krowe dari Maumere, Sikka, percaya bahwa manusia yang hidup masih terhubung dengan roh kerabat mereka yang mati. Salah satu praktik keagamaan adalah memberikan makanan atau persembahan dalam ritual yang disebut Tung Piong. Tung Piong dibuat untuk menghormati leluhur, biasanya dilakukan sebelum liburan besar atau acara keluarga. Jika seseorang lupa melakukan Tung Piong, ini akan membuat marah para leluhur dengan menunjukkan tanda-tanda aneh dan kadang-ladnag mengancam kehidupan. Menjelang Natal, pasangan suami istri yang telah lama merantau dari Maumere tiba di tanah kelahirannya. Suami sangat antusias menceritakan masa kecilnya pada sang istri. Namun ada hal aneh yang dirasakan oleh sang istri. Ia bisa menirukan suara dan nyanyian nenek suami. Sesampai di rumah, kejadian aneh terus berganti hingga setelah pohon natal terbakar. Sang istri meminta suami untuk membersihkan kuburan di depan rumahnya.

 

Mitos Maumere : Miu Mai disutradarai oleh Eka Putra Nggalu dan Obeth Papa Celtie dan Kartika Solapung. Nonton streaming atau download Mitos Maumere : Miu Mai sekarang hanya di VIU.

 

7. Mitos Makassar : Patongko Siri

 

Rustam adalah seorang cowok yang tinggal di desa di Makassar. Di lingkaran-Nya, hanya Rustam yang belum menikah. Karena situasi itu, ibunya memintannya untuk menikah. Dalam legenda urban dari Bugis-Makassar, Pattongko Siri berarti penutup rasa malu. Bujangan atau gadis yang makan menggunakan tutup wadah apa pun akan segera menjadi penutup aib, menikahi orang lain untuk menanggung kerugian pasangannya. Jadi itu adalah nasib buruk bagi bujangan atau gadis yang menggunakan tutup wadah sebagai piring. Rustam sering makan menggunakan tutup wadah. Dan hal-hal buruk terjadi.

 

Mitos Makassar : Patongko Siri disutradarai Maulana Ripaldi dan dibintangi oleh Taufik Halim, Indah Sari, dan Radhiah ST. Nonton streaming atau download Mitos Makassar : Patongko Siri sekarang hanya di VIU.

 

8. Mitos Manado : Bakera

 

Keke meminta suaminya (Utu) untuk Bakera (Steam Bath). Bakera (mandi uap) adalah kepercayaan yang tidak tertulis oleh sebagian besar orang dari Sulawesi Utara. Itu adalah sesuatu yang harus dilakukan wanita setelah melahirkan. Jika diabaikan, itu akan menderita atau diikuti oleh roh jahat. Pada awalnya suami Keke mengabaikan permintaannya, tetapi karena Utu khawatir, dia menerima permintaan istrinya pada akhirnya.

 

Mitos Manado : Bakera disutradarai oleh Renith Aprionys Linggupa dan dibintangi oleh Glen Waney danWanda K Petronella. Nonton streaming atau download Mitos Manado : Bakera sekarang hanya di VIU.

 

9. Mitos Tanjung Pinang : Sandiwara Senja

 

Ada cerita tentang pasangan dan pria yang tinggal di sebuah pulau yang bernama Pulau Penyengat. Pulau Penyengat penuh sejarah, tersisa dengan peninggalan Kerajaan Melayu. Selain itu, ada juga mitos tentang pulau kecil ini. Jika pasangan yang belum menikah mengunjungi Penyengat maka mereka mencuci muka di sumur Balai Adat, mereka mungkin putus. Tetapi jika beberapa teman mengunjungi pulau itu, mereka mungkin berakhir bersama. Kemudian terjadi sesuatu dengan Sansan dan Dharma setelah mereka datang ke Pulau Penyengat.

 

Mitos Tanjung Pinang : Sandiwara Senja disutradarai Rezky Teruna Kesuma Putra dan dibintangi oleh Rendi Fitra, M. Eksyel Istiqfar, dan Shella Triananda P. Nonton streaming atau download Mitos Tanjung Pinang : Sandiwara Senja sekarang hanya di VIU.

 

10. Mitos Batam : Mutiara Saka

 

Di sepanjang pantai Kepulauan Rian, suku laut mulai hidup secara permanen di satu tempat saat ini, termasuk di Batam. Sebelum itu, mereka tinggal di laut. Seperti suku asli lainnya, ada juga mitos yang mengikuti suku laut. Salah satu mitos terkenal adalah mereka dapat menyembuhkan penyakit apa pun dengan air yang disuntikkan mutiara. Suatu hari, Joko membeli beberapa ikan dari Anak Laut dan istrinya (Fatma) tidak menyukainya karena alasan pribadi. Namun pada suatu ketika, Fatma pingsan dan Anak Laut membantunya dengan mutiara miliknya untuk menyelamatkan Fatma.

 

Mitos Batam : Mutiara Saka disutradarai oleh Jonathan Steven Siahaan dan dibintangi oleh Bisma Nanda Heryuda, Gendhy Dwi Harlyan, dan Dessy Mandasari. Nonton streaming atau download Mitos Batam : Mutiara Saka sekarang hanya di VIU.

 

11. Mitos Banyuwangi : Gala Guna Guna

 

Seorang penari gandrung diyakini masyarakat memakai berbagai macam perlengkapan yang digunakan untuk menambah karisma dan menarik perhatian para penonton. Ini adalah sebuah kisah seorang wanita tua yang berprofesi penari gandrung yang menggunakan bedak untuk dapat memikat lawan jenis. Seorang fotografer playboy terjerat oleh paras penari gandrung tersebut. Cinta keduanya pun memuncak dan sebuah misteri pun terungkap.

 

Mitos Banyuwangi : Gala Guna Guna disutradarai oleh Hermisa Ade Aprila dan dibintangi oleh Ricky S.N.F, Safira Ariesti dan Ratna Peni Damayanti. Nonton streaming atau download Mitos Banyuwangi : Gala Guna Guna sekarang hanya di VIU.

 

12. Mitos Labuan Bajo : Meong

 

Berlatar belakang keindahan kota Labuan Bajo yang memukau, dikisahkan dalam cerita ini, Burhan adalah suami dari Nur yang merupakan pasangan suami istri baru. Burhan sangat mempercayai tentang mitos suara kucing yang menyerupai suara bayi. Di mana itu menjadi pertanda bahwa kejadian buruk bisa terjadi, terlebih jika di dalam rumah terdapat anggota keluarga yang sedang hamil. Nur sedang hamil dan sangat tidak mempercayai mitos. Suatu ketika, saat Burhan berada di rumah, Burhan mendengar suara kucing dan saat yang bersamaan Nur menelepon Burhan untuk meminta dijemput. Burhan beranikan diri keluar rumah saat masih mendengar suara kucing untuk menjemput Nur karena khawatir, hingga akhirnya dalam perjalanan terjadi sesuatu pada Burhan.

 

Mitos Labuan Bajo : Meong disutradarai oleh Agususanto Firmansyah dan dibintangi oleh Karon dan Afika. Nonton streaming atau download Mitos Labuan Bajo : Meong sekarang hanya di VIU.

13. Mitos Padang : Ikan Larangan

 

Ada banyak mitos yang berkaitan dengan binatang yang beredar di kalangan masyarakat Sumatera Barat. Misal mengenai ikan dan kupu-kupu gajak (limpapeh). Dipercaya bahwa pada sungai-sungai tertentu, masyarakat dilarang untuk menangkap ikan yang hidup di sungai tersebut. Pelanggaran terhadap larangan ini bisa mendatangkan musibah bagi pelakunya. Sementara itu, mitos yang berkaitan dengan kupu-kupu gajah menyatakan bahwa kehadiran kupu-kupu tersebut di dalam rumah merupakan pertanda bagi sebuah musibah atau kecelakaan yang akan menimpa penghuni rumah tersebut. Hingga suatu hari, ada seorang anak lelaki dan ibunya yang menyangkal mitos itu, dan hal yang mengerikan terjadi.

 

Mitos Padang : Ikan Larangan disutradarai oleh Mentari Pricillia Fabe Manurung dan dibintangi Josman Yantorius Nazara, Yurismen Efendi, Nilam Permata Sari, dan Era Anggraini Yani. Nonton streaming atau download Mitos Padang : Ikan Larangan sekarang hanya di VIU.

 

14. Mitos Banda Aceh : Replika Cerita Pulo

 

Annisa dan Ali, sepasang kekasih yang ingin melakukan sesi foto prewedding di Sabang bersama Reza, fotografer sewaaan mereka. Sayangnya, sesi foto prewedding mereka tidak sekali lagi pada Reza. Permintaan tersebut disetujui Reza, tanpa ada persetujuan dari Ali. Esoknya, Annisa, Ali dan Reza berangkat menuju pulau Iboih untuk melakukan sesi foto prewedding. Sebelum sesi foto prewedding dimulai, Annisa dan Reza menemukan seekor anjing yang terluka, dan keduanya memilih untuk mengurusi anjing tersebut. Ali marah pada sikap Annisa dan Reza. Ia menilai keduanya membuang-buang waktu. Ali pergi meninggalkan Annisa dan Reza di Iboih. Reza mengabadikan momen Annisa berdiri di dermaga sebagai sebuah sejarah yang terulang kembali.

 

Mitos Banda Aceh : Replika Cerita Pulo disutradarai Bink Fernanda dan dibintangi oleh T. Nasrul Julianda, Suhardiyono, dan Vena Besta Klaudina. Nonton streaming atau download Mitos Banda Aceh : Replika Cerita Pulo sekarang hanya di VIU.

 

15. Mitos Samarinda : Merian Etam

 

Awang seorang remaja laki-laki yang baru saja gagal dalam membangun cinta dengan kekasihnya. Namun suatu ketika kekasihnya Idah menghubunginya kembali dan mengajak Awang untuk jalan bersama. Awang begitu senang mendengar berita tersebut sampai ia salah tingkah. Sebelum berangakt menjemput Idah, ibu Awang telah menyiapkan makanan untuk Awang. Awang sempat menolak, tetapi ibu Awang bersikeras menyuruh Awang untuk makan karena takut akan terjadi apa-apa (kepuhunan) Awang akhirnya menyantap makanan tersebut. Awang dan Idah akhirnya berjalan bersama mengelilingi kota Samarinda. Mereka banyak berburu kuliner khas Samarinda, tetapi sesuatu yang membuat Awang tak enak karena uang yang dibawa tidak banyak. Ditambah Idah yang banyak sekali meminta untuk dibelikan makanan. Selama perjalanan yang begitu lama mengelilingi kota Samarinda, Awang mengantar Idah ke rumahnya karena sudah larut malam. Setelah sampai, Idah disambut oleh kakaknya yang duduk di teras rumah sambil memakan Lempok Durian. Awang pun langsung pamit, sebelum pergi kakak Idah menawari Lempok Durian tersebut tetapi Awang menolaknya karena merasa sudah kenyang. Awang pun pulang dan tak sempat memakan Lempok Durian tersebut.

 

Mitos Samarinda : Merian Etam disutradarai oleh Gadang Satria Permana dan dibintangi oleh Revando Syahaqul Husna, Urgi Arsilla, Irene Novianita, dan Lisda Rabiatul Maulida. Nonton streaming atau download Mitos Samarinda : Merian Etam sekarang hanya di VIU.

 

16. Mitos Banjarmasin : Kalambu

 

Rustam (9 tahun) sudah harus belajar untuk tidur dalam kelambu (sejenis kain yang dipasang untuk mencegah nyamuk dan serangga masuk ke tempat tidur) sendirian sesuai permintaan sang Nenek, namun terpaksa karena kemauan sang Nenek memaksanya untuk tetap tidur di sana. Malam pun tiba, Rustam merasakan keanehan luar biasa di kamarnya sehingga ia bersikeras memaksa tidur dengan sang Nenek. Tapi, si Nenek tetap bersikukuh dan tetap meyakinkan Rustam bahwa suasana saat itu baik-baik saja. Akhirnya apa yang ditakutkan Rustam pun semakin nyata, hingga membuat sang Nenek merasa gelisah dan akhirnya menyambangi kamar Rustam, namun hanya mendapati keadaan kelambu yang terurai dengn salah satu tali penyangganya yang putus, tanpa menemui keberadaan Rustam di dalamnya.

 

Mitos Banjarmasin : Kalambu disutradarai oleh Rekka Rahayu dan dibintangi oleh Radhika Anshari dan Isti. Nonton streaming atau download Mitos Banjarmasin : Kalambu sekarang hanya di VIU.

 

17. Mitos Singkawang : 4 Angka

 

Dalam tradisi masyarakat etnis Tionghoa di Singkawang, Kalimantan Barat, terdapat permainan magis yang dikenal dengan nama Choi Lam Sin. Permainan yang dilakukan dengan memanggil arwah dan merasukkannya ke dalam sebuah benda ini menggunakan prinsip seperti permainan jailangkung. Choi Lam Sim kemudian seringkali dipergunakan untuk mendapatkan tebakan lotere 4 angka. Abui mencoba permainan itu, tetapi di akhir cerita, Abui menyadari kalau permainan itu hanya palsu, dan seseorang menyuruhanya menjalani hidupnya dengan benar tanpa game itu.

 

Mitos Singkawang : 4 Angka disutradarai oleh Andi Adrian dan dibintangi oleh Agus Sudarsono, Liau Kui Sia, Benny Frans, Terry Tjung, Jun Pin, Raian Anggara, dan Merry Rosida. Nonton streaming atau download Mitos Singkawang : 4 Angka sekarang hanya di VIU.

VIU Shorts, Film Pendek Lokal dalam Platform Global

 

VIU Shorts merupakan inisiatif VIU Indonesia sebagai wujud kepedulian untuk memajukan perfilman Indonesia dan membantu sineas-sineas muda menyalurkan bakatnya bersama VIU. VIU Shorts mengangkat konten lokal yakni kekayaan folklore Indonesia dalam kancah global. Artinya, film-film pendek sineas-sineas muda ini ditayangkan dalam platform VIU, tak hanya di negara Indonesia saja, tetapi platform VIU negara-negara lainnya, seperti India, Malaysia, Singapura, Thailand, Afrika Selatan dan Timur Tengah (Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Arab Saudi). Bangga dong, kiprah sineas muda Indonesia bisa mendunia.

 

Karena itu, pastikan kamu nonton streaming film pendek VIU Shorts dan VIU Shorts Season 2 hanya di VIU untuk mendukung film Indonesia. Pastikan kamu sudah download aplikasi VIU di smartphone kamu, agar bisa nonton dari mana saja dan kapan saja, serta menyimpan video dengan mudah dan menontonnya di detik terakhir yang kamu tonton.

 

Aktifkan juga VIU Premium agar dapat menikmati video-video eksklusif dan terbaru lainnya tanpa batas dan bebas iklan.

 

By |2020-07-24T10:33:10+07:00May 22nd, 2019|Highlight VIU Shows, Monthly Programs, News|0 Comments

About the Author:

Providing the best and latest Asian content on your screen! Don't miss the best and latest Korean, Chinese, Thailand, Japanese, and of course Indonesian movies and dramas on Viu!

Leave A Comment