Sinopsis Mitos Cilacap: Dawuk

mitos cilacap dawuk viu shorts! season 2

 

 

Mitos Cilacap: Dawuk merupakan salah satu film pendek yang mengisahkan cerita rakyat dari VIU Shorts! Season 2 yang memenangkan penghargaan Best Movie. Film ini disutradarai oleh Syifa Zein Aulia dan dibintangi oleh Nasruddin Muddaf, Karsinah dan lain-lain.

 

Lengger Dempet adalah salah satu dari sekian banyak cerita rakyat di Cilacap. Konon katanya, dahulu ada seorang penari yang selalu menggendong anaknya kemana pun dia menari. Hingga suatu hati, anaknya jatuh sakit dan meninggal dunia. Sang ayah yang sungguh terpukul lantas membuat boneka kayu dan memahatnya mirip dengan wajah anaknya. Boneka tersebut digendong, lalu dibawa mengamen dari rumah ke rumah. Anehnya, keadaan ini malah membawa keberuntungan bagi penarinya. Kisah ini telah berkembang dan terkenal hingga diikuti oleh beberapa orang.

 

 

Sinopsis Mitos Cilacap: Dawuk

 

 

mitos cilacap dawuk viu shorts! season 2

 

 

Mitos Cilacap: Dawuk mengisahkan Pak Karta yang menghampiri Dawuk, boneka yang dia perlakukan layaknya anak sendiri, dan mengajaknya untuk menemaninya menari di jalanan. Pak Karta menyanyikan lagu yang memuji-muji ketampanan Dawuk sambil memandikan boneka tersebut.

 

Pak Karta mengamen ke rumah makan dan membuatnya dilihati pengunjung, bahkan diberi makanan gratis oleh sang penjual. Saat makan di bawah pohon, Dawuk ingin dibawa oleh seorang anak kecil. Pak Karta memarahinya, namun dia dimarahi balik oleh ibu sang anak. Hal itu membuatnya sedih.

 

Pak Karta mengajak Dawuk yang menangis ke pantai karena Dawuk ingin melihat lautan. Sang tukang becak menanyakan alasan anaknya meninggal, namun Pak Karta hanya memeluknya saja. Sesampainya di pantai, mereka bersenang-senang dan melihat lautan yang luas.

 

Sepulangnya, mereka bertemu Bu Sumi yang sedang menjual sayur. Bu Sumi meminta suaminya menghentikan perilakunya tersebut, karena Dawuk sudah meninggal dan sudah saatnya mengikhlaskan. Pak Karta masih bersikeras kalau Dawuk belum meninggal. Pak Karta menyalahkan Bu Sumi yang tidak membawa Dawuk ke rumah sakit saat sakit parah, malah dibawa ke dukun. Bu Sumi beralasan mereka tidak punya uang untuk berobat dan Dawuk benar disantet.

 

Apakah Pak Karta akan mengikhlaskan Dawuk sesuai permintaan ibunya Dawuk?

 

 

Nonton Viu Shorts Mitos Cilacap: Dawuk, Film Pendek dari Cerita Rakyat Indonesia

 

Selain Mitos Cilacap: Dawuk, jangan lewatkan kumpulan film pendek terbaik dari cerita rakyat dari mitos Indonesia lainnya dari VIU Shorts!, seri sebelum VIU Shorts! Season 2, yang merupakan karya sineas-sineas muda dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Jangan lewatkan nonton streaming Mitos Cilacap: Dawuk hanya di Viu!

 

VIU Shorts! mengangkat konten lokal yakni kekayaan cerita rakyat Indonesia dalam kancah global. Artinya, film-film pendek sineas-sineas muda ini ditayangkan dalam platform VIU, tak hanya di negara Indonesia saja, tetapi platform VIU negara-negara lainnya, seperti India, Malaysia, Singapura, Thailand, Afrika Selatan dan Timur Tengah (Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Arab Saudi).

 

Karena itu, pastikan kamu nonton streaming film pendek VIU Shorts hanya di VIU untuk mendukung film Indonesia. Pastikan kamu sudah download aplikasi VIU di smartphone kamu, agar bisa nonton dari mana saja dan kapan saja, serta menyimpan video dengan mudah dan menontonnya di detik terakhir yang kamu tonton.

 

 

Yuk nonton Mitos Cilacap: Dawuk di bawah ini sekarang!

 

Nonton Sekarang

By |2020-09-11T10:48:42+07:00September 8th, 2020|News|0 Comments

About the Author:

Providing the best and latest Asian content on your screen! Don't miss the best and latest Korean, Chinese, Thailand, Japanese, and of course Indonesian movies and dramas on Viu!

Leave A Comment