Sinopsis Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes)

mitos klungkung memargi antar (mepandes) viu shorts! season 2

 

 

Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) merupakan salah satu film pendek yang mengisahkan cerita rakyat dari VIU Shorts! Season 2 yang memenangkan penghargaan Most Watched Film Globally. Film ini disutradarai oleh Ni Putu Mulyani dan dibintangi oleh Ni Luh Putu Mirah Pratiwi, Cokorda Gede Nala Rukmaja, S.Sn., I Putu Agus Mahadi Putra dan lain-lain.

 

Mepandes adalah salah satu dari sekian banyak cerita rakyat tradisi masyarakat Bali yang merupakan upacara potong gigi yang tujuannya menghilangkan sifar-sifat sad ripu dalam diri manusia. Sad ripu diartikan sebagai enam musuh yang ada adalam diri manusia, yaitu kama (hawa nafsu), lobha (keserakahan), kodha (amarah), mada (bermabuk-mabukan), matsarya (iri hati) dan moha (kebimbangan).

 

 

Sinopsis Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes)

 

 

mitos klungkung memargi antar (mepandes) viu shorts! season 2

 

 

Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) mengisahkan Putu menyiapkan makan untuk ayahnya yang gembira menatapi layar ponselnya dengan banyaknya pesan masuk yang dia terima, hal itu membuat Putu kesal. Pamannya Putu datang dan mengajak mereka ke seorang Sangging (ahli kikir gigi) untuk menentukan hari baik pelaksanaan Mepandes bagi Putu, sebagai simbol kedewasaan. Di tengah jalan, ayah Putu meninggalkan mereka karena diminta menjemput pacarnya.

 

Setelah Putu dan pamannya mendapatkan tanggal, Putu menemukan ayahnya berduaan dengan Siska di rumahnya. Ayahnya memperkenalkannya, namun Putu menunjukkan wajah tidak sukanya. Dari kamar, dia mendengar ayahnya yang merayu Siska. Keesokannya, Putu diajak pamannya untuk menghadiri Mepandes. Dia melihat bagaimana wanita yang sedang dikikir giginya tidak boleh menutup mata karena bisa meninggal.

 

Saat perjalanan ke rumah, Putu bertemu dengan ayahnya yang menggandeng Siska. Putu yang kesal akhirnya menuju pantai dan melihat seorang ibu yang sedang bermain bersama anak-anaknya. Hari pelaksanaan Mepandes untuk Putu pun tiba, dia menjalani ritual dan mengingat ucapan pamannya tentang kematian jika menutup mata. Sang Sanggi mulai melaksanakan pengikiran ketika ayahnya Putu mendapat telepon dan membuatnya pergi.

 

Putu melihat ayahnya meninggalkannya dan seketika dia merindukan ibunya, lalu ingin menutup matanya.

 

 

Nonton Viu Shorts Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes), Film Pendek dari Cerita Rakyat Indonesia

 

Selain Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes), jangan lewatkan kumpulan film pendek dari cerita rakyat dari mitos Indonesia lainnya dari VIU Shorts!, seri sebelum VIU Shorts! Season 2, yang merupakan karya sineas-sineas muda dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Jangan lewatkan nonton streaming Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) hanya di Viu!

 

VIU Shorts! mengangkat konten lokal yakni kekayaan cerita rakyat Indonesia dalam kancah global. Artinya, film-film pendek sineas-sineas muda ini ditayangkan dalam platform VIU, tak hanya di negara Indonesia saja, tetapi platform VIU negara-negara lainnya, seperti India, Malaysia, Singapura, Thailand, Afrika Selatan dan Timur Tengah (Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Arab Saudi).

 

Karena itu, pastikan kamu nonton streaming film pendek VIU Shorts hanya di VIU untuk mendukung film Indonesia. Pastikan kamu sudah download aplikasi VIU di smartphone kamu, agar bisa nonton dari mana saja dan kapan saja, serta menyimpan video dengan mudah dan menontonnya di detik terakhir yang kamu tonton.

 

 

Yuk nonton Mitos Klungkung: Memargi Antar (Mepandes) di bawah ini sekarang!

 

Nonton Sekarang

By |2020-09-11T10:38:04+07:00September 10th, 2020|News|0 Comments

About the Author:

Providing the best and latest Asian content on your screen! Don't miss the best and latest Korean, Chinese, Thailand, Japanese, and of course Indonesian movies and dramas on Viu!

Leave A Comment